Breaking News

Tuesday 23 October 2018

Keunggulan KESEJAHTERAAN SOSIAL

KEUNGGULAN  JURUSAN ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL

sumber :http://kesos.umm.ac.id/id/pages/keunggulan.html
sumber :http://kesos.umm.ac.id/id/pages/keunggulan.html

Arus utama pembangunan nasional adalah bidang kesejahteraan sosial, hal ini dapat dicermati dengan diluncurkannya program-program kesejahteraan sosial dan berbagai produk perundang-undangan sosial seperti undang-undang sistem jaminan sosial, undang-undang kesejahteraan social no.11 tahun 2009 dan undang-undang peradilan anak, serta berbagai produk UU lainnya. Disisi lain pembangunan  yang dilaksanakan selalu membawa dampak terjadinya masalah social yang menyertainya baik dalam skala mikro (individu), mezzo (keluarga/kelompok) dan makro (masyarakat). Fenomena ini membutuhkan seorang ahli dibidang kesejahteraan social yaitu Pekerja Sosial yang professional dan berbagai kebijakan program dan produk undang-undang itu telah mengokohkan eksistensi profesi pekerjaan sosial sebagai profesi utama dalam pembangunan kesejahteraan sosial di Indonesia.
Jurusan ini memiliki visi menjadi jurusan yang unggul dan professional yang mampu berdaya saing dalam perkembangan ilmu dan profesi pekerjaan social yang berlandaskan keimanan, ketaqwaan dan nilai-nilai keislaman.
Kelebihan Jurusan ini adalah :
  1. Mampu melakukan penelitian social yang berimplikasi terapan.
  2. Mampu mengaplikasikan metode intervensi social di tingkat mikro seperti menangani kasusu ditingkat individu, keluarga dan kelompok.
  3. Mampu mengaplikasikan intervensi social ditingkat mezzo, seperti melakukan assessment, merencanakan, melaksanakan, mengelola, dan mengevaluasi program di tingkat organisasi dan komunitas local.
  4. Mampu mengaplikasikan metode intervensi social di tingkat makro, seperti melakukan perencanaan dan menganalisis kebijakan di tingkat daerah dan Nasional.
sumber :google.com
Kesos itu sendiri bisa di bilang sebuah ilmu terapan yang mempelajari berbagai ilmu ilmu lain. Kessos (Kesejahteraan Sosial) ini bukan jurusan yang menok di teori,  justru lebih banyak praktiknya. Dasar Ilmu yang banyak kita pakai dari jurusan ini setelah dipelajari oleh seorang mahasiswa selama  3 semester, yaitu Ilmu Sosiologi yang cukup dominan, dan Ilmu Psikologi. Dan di semester 6 dan 7 nanti akan ada Praktikum dimana kita akan melakukan praktik kerja di lembaga-lembaga.
Kesejahteraan sosial salah satu tugasnya adalah menangani isu isu sosial dan masalah-masalah sosial. Dua Ilmu besar ini cukup banyak berperan karena untuk mempelajari masyarakat dan individu itu sendiri membutuhkan dua ilmu tersebut.
Kurikulum program sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial di antaranya meliputi Dasar-Dasar Pembangunan Sosial, Manajemen Organisasi Pelayanan, Manajemen Penanggulangan Bencana, serta Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial.

No comments:

Post a Comment

Kasih kritik dan saran anda

Designed By Fikry aditya